Android Ini Bisa Berkomunikasi Dengan Manusia

Pernah lihat film Humans (series asal Inggris)? Sepertinya kejadian yang ada di film tersebut sebentar lagi akan terwujud. Di film tersebut (Humans) kita bisa membeli robot/android yang disebut humanoid layaknya sebuah gadget. Bahkan sang tokoh utama merasa senang bukan kepalang saat membeli android tersebut seperti saat kita membeli smartphone baru saja.

Humanoid tersebut dapat kita perintahkan untuk melakukan apa saja seperti mengurus kegiatan rumah tangga, memasak, mencuci, bersih-bersih hingga diajak ngobrol saat merasa kesepian. Selain itu juga karena humanoid yang dia beli perempuan, tentunya terlihat sangat cantik dan bahkan bisa memilih terlebih dahulu. Seperti halnya sebuah smartphone, baterai humanoid yang dinamakan Anita tersebut harus diisi setiap malam.




Nah Jepang yang sudah lama melakukan riset pada teknologi robot kini sedang mengembangkan android baru yang disebut humanoid. Toshiba menyatakan bahwa robot humanoid yang mereka kembangkan tersebut sudah bisa berkomunikasi dengan bahasa isyarat. Dengan lengan yang bisa bergerak dan mempekerjakan 43 akuator, tidak heran Aiko Chichira (humanoid) mampu memakai bahasa isyarat Jepang. Aiko juga dapat meniru pergerakan manusia seperti memberi salam misalnya.

Namun robot tersebut masih harus terus dikembangkan agar kedepannya bisa memahami ucapan dan respon manusia serta sensor yang lainnya. Sementara itu tujuan dari Toshiba mengembangkan robot tersebut untuk menemani sekaligus melayani para manula terutama yang berpenyakit demensia (pikun) dan berkomunikasi dengan bahasa isyarat. Agar segera terwujud, Toshiba mengembangkan humanoid bersama Universitas Osaka, Institut Tekonologi Shibaura dan Shonan. Rencananya tahun 2020 Aiko Chichira dapat berfungsi sepenuhnya.

via yahoo

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Android Ini Bisa Berkomunikasi Dengan Manusia"

Posting Komentar